Walhi Aceh : PN Singkil Bebaskan 4 Warga

0
28

Singkil |  Pengadilan Negeri Aceh Singkil membebaskan empat warga yang didakwakan melakukan pembakaran PT Asdal Prima Lestari. Putusan itu disampaikan PN Aceh Singkil pada Kamis 20 Desember 2017 lalu.

Keempat terdakwa dinyatakan tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana didakwakan, dan membebaskan para terdakwa segera.

Salah satu klien Walhi, Zazuli mengaku bersyukur atas putusan PN Aceh Singkil yang membebaskan dirinya dari semua tuntutan.

Sementara salah satu Pengacara Walhi Aceh, Muhammad Reza Maulana SH mengatakan, putusan tersebut sangat jarang ditemukan, mengingat perusahaan menjadi lawan terdakwa.

“Namun, PN Singkil berani memutuskan klien kami dan terdakwa lainnya bebas. Ini mencerminkan bahwa ternyata keadilan itu masih ada dan masih dapat dirasa oleh rakyat kecil,” kata Reza.

Menurut Reza, Walhi menyampaikan apresiasi atas putusan hakim PN Aceh Singkil.

“Terima kasih tak terhingga kepada majelis hakim yg telah dengan senantiasa mempertimbangkan seluruh fakta-fakta yg terungkap dipersidangan,” katanya.

Walhi dan LBH Jemput Terdakwa

Pasca putusan PN Aceh Singkil, tim pengacara Walhi dan LBH Subulussalam  pada Jum’at 22 Desember 2017 kemarin menjemput terdakwa di Lembaga Permasyarakatan Singkil.

“Mereka telah kami jemput dan kami kembalikan kepada keluarganya, dan terlihat isak tangis keluarga dan para masyarakat Desa Kapa Sesak, Kec. Trumon Timur khususnya di rumah klien kami Zazuli terlihat haru, acara peusijuk dan kenduri anak yatim telah dipersiapkan keluarga saat menunggu kepulangan Zazuli,” kata Reza.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas perhatian dan partisipasi masyarakat, baik Zazuli maupun ketiga terdakwa lainnya yaitu, Bolon, Jamal dan Samsuddin yg terus menerus setiap kali persidangan memberi suport kepada para terdakwa.

“Semoga putusan ini menjadi contoh agar menjadi pelajaran bagi kita semua. Tak perlu takut mempertahankan apa yg menjadi hak rakyat, karena kriminalisasi tak akan pernah bertahan lama dan pada akhirnya kebenaran akan memunculkan dirinya,” katanya. [sa/rel]

LEAVE A REPLY