Satpol PP Tertibkan Kios di Rambung Merah

0
79
Petugas Satpol PP saat melakukan pembongkaran kios.

Manurat.com | Petugas Satpol PP Kota Siantar menetibkan dengan cara membongkar kios yang dinilai melanggar Peraturan Daerah (Perda) di Rambung Merah, Jalan Sisingamangaraja Bawah, Kelurahan Asuhan, Kecamatan Siantar Timur, Kamis (13/10).

Menurut Kakan Satpol PP, Julham Situmorang mengatakan, ada lima kios yang dibongkar, empat kios besar dan satu kios kecil. Kios tersebut dipakai pedagang rokok, pedagang makanan, kedai tuak, dan tempel ban.

Pembongkaran kios pedagang tersebut dilakukan 60 personel Satpol PP, dibantu personel TNI,  POLRI, Tarukim,  Kejaksaan, dan Dispenda.

Kios-kios itu dibongkar lantaran melanggar Perda No 9 Tahun 1992 tentang wajib bersih lingkungan, keindahan, ketentraman dan ketertiban umum, dan Perwa No 1 tahun 2014 tentang Izin Mendirikan Bangunan.

Sebelum melakukan pembongkaran, Satpol PP telah tiga kali melayangkan surat peringatan agar pedagang membongkar sendiri bangunannya. Tetapi, para pedagang tidak mengindahkannya, hingga akhirnya Satpol PP memutuskan untuk membongkar paksa ke lima bangunan itu.

Amatan di lokasi, tak ada perlawanan dari pedagang ketika petugas yang merupakan tim terpadu penegak Perda ini membongkar bangunan yang berdiri di taman kota di perempatan simpang Rambung Merah tersebut.

Julham meminta kepada para lurah agar tidak memberikan angin kepada para pedagang sehingga nantinya bisa menjadi bumerang.

Dikatakan, ada beberapa titik lagi yang dalam waktu dekat akan dibongkar oleh Satpol PP. Namun dia berharap para pedagang yang melanggar aturan agar berkenan membongkar bangunannya sendiri demi kenyamanan dan ketertiban Kota Siantar.

“Kita berharap para pedagang yang lain agar segera melakukan penertiban sendiri. Karena berdasarkan pantauan kita, masih banyak bangunan yang melanggar,” tukasnya. (m-01)

 

LEAVE A REPLY