Rebon Habis Dan Alat Rekam Rusak ,Warga Langsa Tidak Bisa Buat e-KTP

0
44

LANGSA | Rebon(tinta) untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kota Langsa mengalami kekosongan. Masyarakat yang ingin membuat e-KTP hanya diberikan surat keterangan sedang melakukan pengurusan KTP.

Menurut Umar warga Langsa dirinya sudah dua kali perpanjang surat keterangan (Suket).

“Saya sudah dua kali melakukan perpanjangan suket (sebagai pengganti e-KTP).Bukan itu saja ,dua hari yang lalu  saya mau membuat e-KTP  baru untuk anak tetapi menurut pengakuan pihak Capil “alat rekam lagi rusak jadi belum bisa buat e KTP dan surat keterangan jugak tidak bisa kami kelurakan karna belum rekam “ujar Umar menirukan perkataan pegawai Capil.”Kamis,(2/8/2018)

Lantas menurut Mardiana pegawai Dinas  Kependudukan dan Pencacatan Sipil Langsa,mengaku bahwa tinta untuk percetakan e-KTP sedang kosong, kekosongan tersebut telah terjadi 15 Juli lalu.

“Untuk kemudahan masyarakat saat mengajukan permohonan pembuatan e-KTP-, maka kami keluarkan surat keterangan sedang dalam pengurusan,” ujarnya.

Menurutnya, kekosongan tinta tersebut terjadi karena belum ada pengiriman tinta dari kantor pusat,dan akan mengalami kekosongan sampai oktober mendatang.

Untuk mengantisipasi kekosongan rebon (tinta) tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pusat.

“Mengenai sampai kapan kekosongan rebon(tinta) teratasi belum bisa kami pastikan, karena tinta dikirim dari pusat,” tambahnya.

sejumlah warga yang mengurus e-KTP mengaku kecewa. Karena, setelah mengisi formulir dan pemotretan, mereka hanya diberikan surat keterangan KTP saja.(Mus)

LEAVE A REPLY