Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Bandar Betsy

0
87
Gubsu Tengku Erry Nuradi saat pimpin Harsak Pancasila di Tugu Letda Sujono, Sabtu (1/10).

Manurat.com | Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lapangan Tugu Letda Sujono, Bandar Betsy, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun, Sabtu (1/10) sekitar pukul 10.00 WIB.

Seusai upacara,  Gubernur bersama dengan rombongan meletakkan karangan bunga di tugu Letda Sujono untuk mengenang para pahlawan revolusi yang gugur dibantai saat Gerakan 30S/PKI. Setelah meletakan karangan bunga, rombongan langsung memberikan penghormatan.

Kegiatan dirangkai dengan memberikan bingkisan terhadap keluarga Letda Sujono. Kegiatan tersebut ditutup dengan menyaksikan drama terjadinya pembunuhan Letda Sujono yang berusaha menghalangi niat dari PKI untuk menguasai lahan perkebunan PTPN Bandar Betsy.

Salah satu anggota KNPI Simalungun Juhum Damanik mengatakan, walaupun upacara tersebut tetap diperingati setiap tahunnya, namun sebagai generasi muda Juhum tidak pernah merasa bosan.

“Saya selalu merinding bila mengenang kejamnya PKI saat melihat drama pembantaian tersebut,” ucapnya.

Oleh karena itu, KNPI Simalungun telah membuat sebuah ikrar untuk tidak menerima paham tersebut. Sebab, paham tersbut telah terbukti melenceng dari Pancasila yang menjadi dasar Negara. Menurutnya, paham PKI bila berkembang akan merusak kesatuan dan persatuan NKRI.

Hadir dalam kegiatan, Wakapoldasu, Wapangdam Kodam 1 Bukit Barisan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat serta tamu undangan lain. Turut hadir masyarakat sekitar yang antusias menyaksikan drama pertunjukan pembantaian Letda Sujono tersebut. (M-01)

LEAVE A REPLY