Pemerintah Dorong Kawasan Konservasi sebagai Destinasi Wisata

0
12

JAKARTA | Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yg sangat tinggi. Potensi tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menikmati keindahan alam Indonesia. Terdapat 54 Taman Nasional (TN) dan 129 Taman Wisata Alam berjajar dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia dan potensinya sangat besar sebagai destinasi wisata alam dan ekowisata.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Djati Witjaksono Hadi menyatakan bahwa potensi keindahan alam tersebut belum banyak diketahui oleh publik. Sehingga menurut Djati diperlukan sarana atau media untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat.

Salah satu media yang dapat digunakan adalah melalui kegiatan pameran. Hal tersebut disampaikan Djati pada saat membuka pameran Indonesia Outdoor Festival (Indofest) tahun 2018 di JCC Senayan, Jakarta (3/5/2018).

“Pameran ini menjadi media yang tepat untuk mengajak para generasi muda, para penggiat dan komunitas untuk megetahui nilai-nilai konservasi, ketika berkegiatan di alam bebas.”, ungkap Djati.

Djati mengharapkan melalui kegiatan pameran ini dapat menjadi ajang pengenalan kepada aktivitas luar ruang bagi masyarakat. Pengenalan tersebut dapat dimulai dari destinasi alam bebas, berbagi pengalaman antar para pegiat tentang keamanan, kenyamanan berkegiatan di alam. Masyarakat juga dihimbau agar berperilaku yang baik di alam bebas dengan tidak menimbulkan sampah dan merusak alam.

Pameran Indofest 2018 yang ke-4 ini digelar dari tanggal 3-6 Mei 2018 di Hall B JCC Senayan, Jakarta. Banyak stan pameran menjual berbagai perlengkapan dan peralatan untuk aktivitas luar ruang seperti lari, renang, bersepeda, pendakian gunung dan lain sebagainya.

KLHK juga turut membuka stan pameran yang menyediakan informasi destinasi wisata alam di berbagai TN di Indonesia. Terdapat pula stan dari Taman Nasional, diantaranya TN Ujung Kulon, TN Gunung Rinjani, TN Alas Purwo, TN Matalawa, TN Bukit Tiga Puluh, TN Gunung Merapi, TN Gunung Tambora dan TN Aketajawe Lolobata.

Pengunjung pameran ini juga akan mendapatkan edukasi dari berbagai talkshow dengan berbagai tema seperti lingkungan, alam dan aktivitas luar ruangan atau petualangan. [sa/rel]

LEAVE A REPLY