Pelabuhan Kapal Phinisi  Nantinya Akan Menjadi Mahnet  Wisatawan Mancanegara

0
17

suaraaceh.com–BULUKUMBA–Pengoperasian dan Pembangunan Dermaga Kapal Phinsi merupakan Strategi Jitu untuk menjadi mahnet bagi  Pariwisata mengunjungi Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan.

Rencana pembangunan dermaga phinisi, diinisiasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba, Sulawesi-Selatan sejalan dengan  pengembangan kawasan wisata di kota Butta Panrita Lopi, sebagai bentuk respon positif pemerintah Kabupaten , dalam menyikapi komitmen warga Bulukumba untuk terus meningkatkan frekuensi kunjungan wisatawan baik regional, domestic, maupun wisatawan mancanegara yang dari tahun ke tahun kian membludak.

Komitmen ini diutarakan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba, Muh. Ali Saleng dalam rangkaian acara Gala Dinner Festival Phinisi 2018 di kawasan pesisir pantai Tanjung Bira, hari Kamis, (13/09) malam.

Muh. Ali Saleng menandaskan, rencana ini diinisiasi Dinas Pariwisata sebagai bentuk refleksitas terhadap kebijakan pengoperasian armada kapal phinisi yang kedepan akan diperuntukkan untuk menjemput dan memberikan kemudahan aksesibilitas layanan penyeberangan mobile bagi wisatawan dan pengunjung dari Kabupaten Kepulauan Selayar, begitu pula, sebaliknya.

Ia berharap, strategi ini bisa berjalan efektif sesuai dengan rencana dan harapan semua pihak, terutama dalam upaya untuk mendukung berjalannya kebijakan pengembangan kawasan wisata kota Bulukumba yang terus dipacu dan digenjot oleh Dinas Pariwisata setempat.

Rencana pembangunan dermaga kapal phinisi diharapkan Ali Saleng, sudah bisa tereealisasi, pada TA. 2019 mendatang.

Langkah alternatif juga telah dipersiapkan Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba yang berencana akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Kelautan dan Perikanan, Dishub, Provinsi Sulsel  dan pihak Syahbandar tingkat satu, untuk mengajukan permohonan alih fungsi dermaga PPI Bontobahari, sebagai pelabuhan perahu phinisi, pungkasnya kepada awak media.     (SA/01)

 

 

LEAVE A REPLY