Dyah Erti : Penyakit tak Mengenal Usia

0
55
BANDA ACEH | Olahraga sangat penting dilakukan secara rutin. Tidak hanya bagi lansia tetapi juga untuk kaum muda, karena penyakit akan menyerang siapa saja tanpa mengenal usia.
Demikian disampaikan Wakil Ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati, dalam sambutannya usai menggelar senam lansia dan senam jantung sehat dengan para lansia dan pemudi, di halaman kantor Oditur Militer, Gampong Suka Ramai, Banda Aceh, Minggu (8/4/2018) pagi.
“Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan kita. Untuk melawan rasa malas, maka sangat penting kita membentuk komunitas-komunitas seperti komunitas senam lansia ini. Semakin sering bergerak dan berkeringat, maka kebugaran dan kesehatan tubuh kita akan terjaga. Tidak hanya untuk lansia, tapi juga para pemudi karena penyakit tidak mengenal usia,” ujar Dyah Erti.
Lulusan program Doktoral Melbourne University itu menambahkan, pola makan masyarakat Aceh dan kurangnya olahraga, menjadi kombinasi yang sangat membahayakan kesehatan. Untuk itu, Dyah Erti mengimbau masyarakat membentuk komunitas-komunitas olahraga.
“Dengan membentuk komunitas, berarti kita telah menjaga silaturahmi, dan yang terpenting, dengan berkomunitas maka kita akan lebih bersemangat untuk secara bersama-sama membiasakan pola hidup sehat dengan berolahraga,” kata Dyah Erti.
Dyah mengingatkan, istri geuchik di masing-masing gampong memiliki kewajiban untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Mereka juga diminta untuk mengampanyekan gerakan hidup sehat.
“Ibu (istri-redgeuchik memiliki tanggungjawab untuk menggerakkan masyarakat dan lansia untuk secara teratur menggelar senam 3 kali seminggu. Tidak harus lama, yang penting tubuh tidak mager atau malas gerak. Untuk menjaga kebugaran, kita harus aktif bergerak dan berkeringat,” pungkas Dyah Erti Idawati.
Untuk diketahui, dalam rangka mengampanyekan pola hidup sehat, Dyah Erti bersama pengurus Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Aceh, aktif menggelar senam bersama komunitas senam lansia di gampong-gampong setiap Minggu pagi. [sa/rel]

LEAVE A REPLY