Buku Sonduk Hela Akan Dibedah di Unimed

0
150

Manurat.com | Sebagai respons positif atas terbitnya buku Sonduk Hela Karya Tansiswo Siagian terbitan Selasar Pena Talenta, Yayasan Pusat Kajian Dan Dokumentasi Sumatera (Institut Sumatera) bekerjasama dengan Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Medan melakukan bedah buku tersebut sekaligus launching.

Kegiatan ini akan diadakan pada Sabtu, 10 September 2016 di ruang VIP Lantai 3, Fakultas Ilmu Sosial Unimed pada jam 09.00 WIB – 12.00 WiB.

Buku Sonduk Hela akan dibedah oleh berbagai narasumber yaitu Prof DR Robert Sibarani, Prof DR Ibrahim Gultom, Prof DR Albiner Siagian, Dra Flores Tanjung MA dan S Mida Silaban MN serta dimoderatori oleh Corry Paroma Panjaitan SH.

Sonduk Hela merupakan buku Torsa-Torsa (Kumpulan Cerita ) Batak Toba,. Buku ini menjadi salah satu upaya dalam melestarikan bahasa ibu dan kearifan lokal di tengah keberagaman etnik dan modernitas di Indonesia, sehingga bahasa daerah tetap hidup di tengah tengah masyarakat.

Buku Sonduk Hela bukan saja sebagai upaya terhadap pelestarian bahasa Ibu namun menjadi sebuah kritikan terhadap masyarakat Batak di tengah mulai terjadinya penyimpangan yang terjadi dalam Batak itu sendiri.

Yayasan Pusat Kajian dan Dokumentasi Sumatera sangat berterima kasih kepada Tansiswo Siagian atas kerja kerasnya dalam melakukan penulisan buku ini.

Harapannya kelak, semoga dengan munculnya buku berbahasa Batak Toba ini akan muncul lagi buku-buku berbahasa daerah lainnya khusunya di Nusantara ini. (m-01)

LEAVE A REPLY