Guchik Dan Tuha Peut Dari 14 Kecamatan Di Beri Pembekalan 

0
50

sauaraaceh.com—ACEH TIMUR–Penerintah Aceh Timur melalui bagian Seketariat Daerah kembali memberikan pembekalan bagi Geuchik dan Tuha peut angkatan II dalam wilayah Kabupaten Aceh Timur.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari mulai 30-31 Agustus 2018 dan di selenggarakan di aula Kantor Camat Idi Rayeuk.

Dalam laporannya kepala bagian pemerintahan seketariat daerah Aceh Timur selaku panitia kegiatan Drs Faisal MAP mengatakan bahwa, kegiatan ini di laksanakan berdasarkan surat keputusan (SK) Bupati Aceh Timur nomor,1300/300.a/2018 tentang pembetukan panitia kegiatan pembekalan tugas Geuchik dan Tuha Peut gampong akatan II dan III, dengan tujuan untuk mencapai perubahan sistem pelayanan ke arah yang lebih baik dan pembangunan di gampong  dapat berjalan dengan lancar sesuai poksinya serta sesuai aturan dan undang undang yang berlaku.

“Acara kali ini di ikuti oleh 60 orang  Geuchi dan Tuha Peut dari 14 Kecamatan di Kabupaten Aceh Timur, sedangakan narasumber berasa dari pejabat yang berkopeten di bidang pemerintahan Aceh Timur”.

Dalam kata sambutannya Plt Sekda Aceh Timur Drs ,Zahri ,M,AP mengatakan, berdasarka peraturan Mendagri no 84 tahun 2015 di sebutkan bahwa Kepala Desa berkedudukan sebagai kepala pemerintah desa .Oleh karnanya Kepala desa (Geuchik)selakau kepala pemerintah desa memiliki tugas selain sebagai pemimpin juga sebagai pembina masyarakat di desa yang di pimpinnya.

Merujuk pernyataan itu sungguh sangat berat tugas seorang  kepala desa selaku kepala pemerintahan desa.Namun jika kita tahu apa tugas dan fungsi sebagai Geuchik ataupun perangakat desa ,maka tugas tersebut tidak lah terasa berat,

Seirang Geuchik harus tau sebatas mana  kewengan tugasnya ,sehingga  tidak tumpang tindih dalam pelaksanan dan fungsinya dalam menjalankan roda pemerintagan di desa.

Karna selama ini yang terjadi dilapangan banyak tumpang tindih pekerjaan serta tidak paham prangkat desa dalam mengban tugasnya.imbuhbya

Oleh karnanya pemkap Aceh Timur melalui bagian pemerintahan seketariatdaerah mengadakan pembekalan ini ,guna terciptanya perubahan sistem kerja dan kualitas pelayanan publik ke arah yang lebih baik lagi.tutupnya.(SA/01)

 

 

 

LEAVE A REPLY